Saturday, January 5, 2008

Apakah, Semua Orang adalah Pelaku MLM?

Sejujurnya, Semua Orang adalah Pelaku MLM

"Semua Orang di dunia ini adalah Pelaku MLM/Network Marketing, hanya orang munafik saja yang tidak mau mengakuinya"

Tentang Esensi dari Network Marketing (MLM), Saya mau sharing tentang Esensi dari network marketing. Arti network adalah jaringan, Esensinya adalah berbagi produk atau jasa atau apa saja yang disediakan. Sebenarnya Esensi dari Network Marketing baik yang pakai sistem piramida, sistem matahari, sistem matrik atau sistem berjenjang lainnya juga ada di semua bidang kehidupan manusia.

Bedanya orang yang terang-terangan ikut Perusahaan atau program bisnis MLM/Network Marketing akan mendapatkan bonus/komisi/penghasilan dari hasil usahanya. Sementara banyak orang yang ngak sadar kalau apa yang dilakukannya sebenarnya juga sama dengan cara kerja MLM/Network Marketing tapi karena perusahaannya/bisnis yang diikutinya tidak mengakui sebagai perusahaan/bisnis MLM, maka dia ngak akan mendapatkan bonus/komisi/penghasilan seperti bisnis mlm/network marketing.

FAKTA 1

Waktu Anda beli sabun cuci di warung Anda tak dapat bonus, Warungnya dapat bonus :) begitu pula dengan jaringan toko sabun cuci itu yang meliputi tempat kulak di pasar, grosir, distributor dan seterusnya, berlapis-lapis, seperti bonus di MLM. Sebenarnya itu juga MLM, hanya beda nama saja. Kalaulah kita membuat warungnya, umumnya kita dapat bonus, atau istilahnya keuntungan penjualan.

Di MLM juga demikian, bahkan lebih terstruktur dan lebih berpotensi menimbulkan hasil yang lebih JELAS dan bisa meningkat TAJAM. Misalkan anda member sebuah perusaaan mlm yang menjual sabun cuci. Saat Anda beli sabun cuci selain mendapatkan sabun cuci, Anda juga dapat komisi, karena sebagai member belanja sabun cuci yang anda lakukan bisa dapat point yang jika diakumulasikan akan mendapatkan bonus yang makin besar.

FAKTA 2.

Semua perusahaan, meskipun tidak mengakui sebagai perusahaan MLM, adalah pelaku MLM/Networking/Piramida/Sistem berjengjang. Di kantor Anda, ada pemilik perusahaan atau BOS anda, kepala bagian, security, sampai office boy, bekerja dalamjaringan bisnis yang melibatkan anda dan mereka, sampai pada customer dan supplier. Semuanya mendapatkan komisi dalam hal ini mungkin berbentuk GAJI BULANAN. Makin tinggi tingkatanya, gajinya juga makin besar. :)

Sama halnya di bisnis MLM/Networking Tinggi tingkatan levelnya atau Makin banyak jaringan/networkingnya maka penghasilannya juga makin besar. Bahkan bisa meningkat LEBIH TAJAM.

FAKTA 3.

Google.com itu juga bisnis jaringan dengan berbagai pihak yg terlibat, untuk menghasilkan UANG. Di jajaran pemerintahan, bosnya adalah President, lalu downlinenya para menteri, gubernur, camat, kepala desa, dst. Berlapis-lapis ber level-level, komisinya sekali lagi dalam bentuk gaji bulanan, networknya mengakar sampai kepada rakyat jelata sebagai downline level terakhir.

Di MLM juga demikian, bahkan lebih terstruktur dan lebih berpotensi menimbulkan hasil yang meningkat TAJAM. Ketika sebuah MLM mempunyai rencana REPEAT ORDER, maka ia berpotensi memberikan bonus kepada anda secara berulang-ulang. Bukankah itu menggairahkan ? Anda pasti tahu multi orgasme, seperti itulah rasanya repeating, Income yang didapat berulang-ulang dan biasanya makin besar.

FAKTA 4.

Para Nabi juga adalah pelaku MLM/Networking/Piramida/Sistem berjengjang. Yang "dijual" atau disampaikan adalah ajaran Agamanya. Tujuannya adalah untuk menyelamatkan umat baik dari kejahatan dan kebobrokan moral, dll, sekaligus untuk mendapatkan penggikut atau umat yang sebanyak-banyaknya. Seorang Nabi tidak berjuang sendirian, ada sahabat, ada ustaz, ada mubalig dst... untuk Islam. Contoh untuk Kristen ada paus, uskup, pendeta dan seterusnya..

Masih banyak fakta atau contoh-contoh lainnya seperti organisasi, kepenggurusan, dan lain-lain di kehidupan ini yang pada prinsipnya adalah sama dengan MLM/Networking/Piramida/Sistem berjengjang

Jadi bagaimana masih ngak mau mengakui kalau anda juga adalah seorang pelaku MLM/Networking, baik anda sadari atau tidak. Jangan pernah mencaci maki MLM sebagai bisnis penipu. Yang salah adalah para pelaku yang berkedok MLM untuk tujuan Menipu. Dan penipu ada di semua bidang kehidupan. Bisnis konvensional juga banyak penipunya. Di jajaran pemerintahan juga banyak penipunya, tidak sedikit pejabat yang penipu. Bahkan penipu di pemerintahan (baca:koruptor) adalah jenis para penipu yang paling berbahaya karena yang dirugikan adalah uang negara dan langsung menyengsarakan kehidupan semua rakyat.

Prisnsipnya, bisnis apapun kalau dijalanin dengan usaha keras pasti ujung2nya "bagus". saya nggak bisa bilang mlm atau bisnis Networ marketing itu bagus untuk semua orang.. tapi menurut saya MLM atau bisnis network marketing itu adalah salah satu cara yang paling bisa dilakukan untuk mendapatkan passive income oleh orang banyak.

Mungkin kalo boleh saya tulis lagi. MLM itu layaknya sebuah bisnis lainnya dimana kerja keras, waktu/dedikasi, sedikit modal, dan kreativitas itu dibutuhkan. Jika anda ditawarkan passive income dalam waktu 6 bulan dan itu tidak tercapai, itu bukan iming2, itu bukan penipuan. Tapi MUNGKIN Anda tidak cukup usaha atau paham dengan sistem-nya dan tidak bisa menjalankannya dengan benar.

Buat yang sering berkoar-koar membenci MLM. Daripada pusing2 ngata-ngatain MLM dan menyamakannya dengan money game, lebih baik lurus2 aja cari duit dengan segala resikonya. Tidak perlu malu dan sok suci membela orang lain biar tidak jadi "korban", sementara yang dibela merasa sedang berjuang dan bukan dalam urusan tipu-menipu. Di mana2 rumus bisnis adalah yang kerja keraslah yang bakal lebih sukses. Ngak ada tuk sukses dengan duduk diam dapat duit. Makin berusaha pasti makin sukses atau makin ada hasilnya. Di mana-mana ada penipunya, termasuk di dunia yang bukan MLM. Jadi sekali lagi, penipuan tidak identik dengan MLM dan money game.

Buat yang pernah ikut MLM dan belum berhasil, (bukannya bermaksud menyinggung) jangan terus menjelek-jelekan MLM nya bahkan merasa telah tertipu dengan bisnis MLM. Coba instropeksi diri apakah yang anda usahakan sudah cukup, periksa apakah sistem MLM itu yang jelek (atau anda anggap jelek), atau sangat mungkin usaha/effort yang anda berikan masih "kurang". Para pemenang (baca: orang sukses) selalu mangambil tanggung jawab terhadap hidupnya. Mereka tidak pernah menyalahkan orang lain ataupun lingkungan. Mereka tidak suka mencari-cari alasan terhadap kegagalan mereka.

PS: Saran saya untuk para pengikut MLM (apapun itu) pelajari cara kerja atau sistem-nya dan pastikan sampai anda benar-benar paham dan tBlogger: Revalina blog - Create Postahu. Itu akan banyak membantu anda dalam merencanakan perkembangan anda.

Salam SUKSES Penuh SEMANGAT.. :)

Budiagusta
surgaweb at blooger dot com
08881720771
http://belajaronmarketing.blogspot.com

http://www.formulabisnis.com/?id=fastincome

Back
http://fastincomeblog.blogspot.com/


2 comments:

Piton said...

Temukan trik n tips sukses dalam menggeluti bisnis beserta info-info lainnya. Selamat sukses sobat!:)

Aristo Meidian said...

Duh mang mlm tuh hebat banget dan saya yakin di mlm kita bukan hanya dapetin hasil yang memuaskan kalo sungguh sungguh tapi yang paling penting pengukuhan jati diri kita, siapa kita, karena kita doajarkan menghargai semua yang ada di sistem kerja dari perusahaan itu